PENGAKUAN TAK TERUCAP: Saya, Ayah, dan Tragedi 1965


img-sayaayah&tragedi-small

“Sejarah bangsa Indonesia tidak dapat dipenggal-penggal. Dia juga bukan tafsir satu pihak untuk kepentingan praktis. Sejarah bangsa Indonesia disusun dari penggalan-penggalan kisa individual warga negara. Ia menyatu dalam pergolakan batin setiap warga negara secara umum sepanjang peristiwa ke peristiwa.”

———————–

“Sesuatu capaian yang jelas memerlukan kemauan dan ketahanan diri yang hanya penulis sendiri yang bisa merasakan secara menyeluruh. Kita sebagai pembaca dan pengamat bisa ikut merasakannya, tetapi tidak selalu bisa benar-benar menghayati apa artinya kemauan menggumuli secara berkelanjutan suatu peristiwa traumatis dalam kehidupan pribadi dan kemudian memutuskan untuk membaginya dengan orang lain. Inilah sumbangan penting memoar ini.”

Prof. Dr. Saparinah Sadli – Guru Besar Psikologi UI dan Pemerhati Isu Perempuan

“Perlu dibaca oleh sebanyak mungkin orang yang ingin lebih beradab. Berbagai macam konflik di akar rumput belum menemukan jalan keluarnya, sebagai warisan Orde Baru,. Maka rekonsiliasi harus dimulai dari diri sendiri dan itu sudah dimulai oleh mbak Nani.”

Putu Oka Sukanta – Sastrawan, Tapol Orde Baru

“Ini bisa dibaca sebagai langkah untuk membebaskan ingatan personal dari tekanan sejarah resmi. Menuju sejarah bersama atau shared history yang mempertemukan suara dan ingatan para korban tentang penderitaan. Sangat diperlukan negeri ini untuk keluar dari jerat trauma masa lalu.”

Dr. Hilmar Farid – Sejarawan

Penulis : Nani Nurrachman Sutojo
Penerbit : KOMPAS
Harga : Rp 59.000,-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s