Agama Islam Dalam Pandangan Filosofis


img-agamaislamdlmpandangan

 

Dilatarbelakangi oleh fenomena-fenomena umat Muslim sekarang ini yang notasinya keterbelakangan dalam berbagai aspek dan dimensi kehidupan, bahkan Departemen Agama dalam bukunya (1986) dengan tegas menyatakan “kebodohan”, sehingga buku ini adalah bentuk upaya mengangkat harkat dan martabat umat Muslim sebagai khalifah di bumi, sehingga suatu saat mampu memainkan peran percaturan politik dunia agar aman, damai, dan sejahtera.

Perbaikan dimulai dari kesalahan, tanpa adanya pemahaman kesalahan maka tidak akan pernah ada perbaikan dan kebenaran, itulah obsesi manusia dalam memperbaiki kehidupan dan pencerahan hidup. Jika buku ini dianggap sumber kesalahan maka lusa muncul buku-buku yang menghasilkan kebenaran.

Kebenaran masa sekarang adalah kesalahan masa lalu, dan juga kesalahan masa akan datang. Inilah konsekuensi perkembangan dan kemampuan akal sehat (rasio) dari waktu ke waktu seiring dengan perubahan peradaban dan perilaku manusia dengan permasalahn kehidupannya atas dasar nafsu dan akal.

Tanpa nafsu maka akal tidak berarti apa-apa karena nafsu lah kita sekarang beragama. Artinya, jika nafsu tidak merespon agama, maka akal tidak pernah memikirkan agama.

Buku yang sarat dengan pemikiran filosofi ini patut anda baca.

Penulis : Drs. Harjoni, M.Si.
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Harga : Rp 56.000,-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s