Image

Menjadi Pasien Cerdas



img-menjadipasiencerdas

Pada dasarnya, setiap dokter berusaha melakukan diagnosis seakurat mungkin dan pengobatan setepat mungkin—dokter tidak menginginkan pasiennya mengalami kecelakaan atau cedera medis di luar penyakit yang diderita oleh pasien. Namun praktik kedokteran modern yang begitu kompleks tidak menutup kemungkinan terjadinya kesalahan—to err is human.

 

Dengan menyadari adanya kemungkinan itu, pihak pasien beserta keluarganya perlu bersikap aktif, cerdas, dan kritis saat menerima layanan medis agar terhindar dari kesalahan atau cedera medis. Di lain pihak, pemberi layanan medis perlu meningkatkan kompetensi dan menerapkan standar keselamatan pasien serta melibatkan pasien dalam pengambilan keputusan medis. Karena itu, buku ini tak hanya penting bagi pasien dan keluarganya, namun juga bagi para perawat, bidan, dokter muda, dokter yang berpraktik klinis, serta para pengambil keputusan, seperti kepala puskesmas dan direktur rumah sakit.

 

“Buku ini menguraikan dengan jelas bentuk sistem layanan kuratif modern yang bertumpu pada tiga perkara: budaya keselamatan pasien, mutu pelayanan medis profesional yang disertai perilaku yang berempati pada pasien, dan partisipasi aktif pasien dalam konsep otonomi pasien yang sadar akan hak dan kewajibannya. Semoga banyak dokter dan masyarakat yang membaca buku ini.”

 

—Prof. DR. dr. Daldiyono, Sp.PD – KGEH.; Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia & Penulis buku

 

“Praktik kedokteran modern, yang semakin lama semakin kompleks dan efektif, berpotensi memunculkan kesalahan medis yang dapat berujung cedera pada pasien dan menimbulkan tuntutan hukum. Berbagai kiat yang ada dalam buku ini sangat berguna untuk membantu pasien dalam mencegah timbulnya kesalahan medis. Buku ini sangat perlu dibaca oleh para pasien dan keluarganya.”

 

—DR. dr. Sutoto, M.Kes.; Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia dan Ketua Komisi Akreditasi Rumah Sakit

 

“Buku ini sangat menarik dan penting. Dengan gaya penulisan ilmiah populer, buku ini menjadi enak dibaca. Buku yang menjelaskan secara terperinci layanan yang bertumpu pada patient safety, professional quality, dan peran aktif pasien dan keluarganya ini sangat bermanfaat bagi siapa pun yang menginginkan layanan medis terbaik dan aman.”

 

—DR. dr. H.M. Alsen Arlan, SpB., KBD; Ketua IDI Provinsi Sumatra Selatan

 

 

Penulis : dr. J.B. Suharjo B. Cahyono, Sp.PD
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Harga : Rp 88.000,-

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s