Republik #Jancukers


img-121218120929-001

Di negeri #Jancukers mobil kepresidenan mengalah pada mobil yang mengangkut perempuan yang akan melahirkan, siapa pun perempuan itu: pakai tas Hermes atau pun tas keresek.

Di negeri #Jancukers setiap jomblo diberi pasangan part-timer. Negara Republik #Jancukers tak cuma memelihara fakir miskin dan anak-anak telantar. Kaum jomblo termasuk bagian yang paling sah untuk diperhatikan.

Dan, believe it or not, di negeri #Jancukers nyaris tak pernah ada bentrok antarsuporter bola karena di stadion, sebelum berlangsungnya laga, puluhan ribu penonton bola sudah dihidangi prasmanan bermutu…

Negeri #Jancukers adalah buah perenungan Sujiwo Tejo. Tidak seutopia yang digagas Platon, tetapi ideal seperti yang dicita-citakan para pendiri negeri ini lebih dari 67 tahun yang lalu.

Republik #Jancukers ditulis dengan gaya lucu dan urakan khas sang Dalang Edan, yang ingin mengajak kita agar waspada terhadap orang yang sopan dan santun, sekalian mencairkan segala formalitas yang kian sumpek dan beku.

Kumpulan esai yang pantas disimak siapa saja, mulai dari yang sekadar tak buta huruf sampai profesor; ”tapi tak bisa dibaca oleh siapa pun yang sedang diliputi kemunafikan,” begitu katanya..

Judul : Republik #Jancukers
Penulis : Sujiwo tejo
Harga : Penerbit Buku Kompas
Penerbit : Rp 77.000,-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s