Jakarta!


Edwin adalah lulusan sekolah bisnis elit di Prancis. Berbagai tawaran kerja menunggunya begitu ia lulus. Namun tragedi yang menimpa adiknya telah mengubah pandangan hidup Edwin. Membuatnya melihat kembali arti masa muda yang begitu berharga sekaligus begitu rentan.

Edwin semakin putus asa melihat kenyataan bahwa benua Eropa kini menua dan tak menjanjikan apa pun lagi bagi kaum mudanya. Semua posisi penting pengambil keputusan dipegang dan hanya dipercayakan kepada orang-orang tua. Pemuda Eropa justru lebih dihargai di negeri orang. Dalam kondisi itu Edwin bertemu John yang menawarinya pekerjaan tidak lazim: menjadi pembunuh bisnis bayaran.

Edwin beroperasi di manca negara seperti Brasil, Afrika, Kuba, China, India, dan Indonesia. Anehnya, pekerjaan berdarah dingin itu justru membawa Edwin semakin dekat dengan kemanusiaan. Kebanyakan kasus yang ia hadapi berhubungan dengan sumber daya alam. Ia bersimpati pada kenyataan banyak negara yang kaya akan sumber daya alam tetapi justru miskin dan tidak mendapat hasil dari kekayaan itu.

Perlahan kehampaan dan kegersangan hati datang di tengah gaya hidup jet set yang dijalani Edwin. Ketika bertugas di Indonesia, ia terpesona dengan solidaritas, keramahan, dan daya tahan masyarakatnya. Ia menemukan negeri yang ia yakini menyimpan kemudaan dan energi dunia baru dengan Jakarta, the Big Durian, sebagai pusatnya. Indonesia adalah masa depan dunia. Di negeri inilah Edwin menemukan makna yang selama ini ia cari untuk hidupnya.

Jakarta! adalah novel yang ditulis oleh pemuda berdarah Prancis-Inggris, Christophe Dorigné Thomson, sebagai perwujudan rasa cinta dan keyakinannya atas potensi besar yang dimiliki bangsa Indonesia. 

%%%

Novel Jakarta! memberikan inspirasi yang berharga bagi pemuda kita mengantarkan Indonesia menuju puncak dunia. Christophe mendukung pandangan bahwa sudah bukan masanya lagi ada pemuda Indonesia yang merasa inferior terhadap bangsa lain. Buku ini akan menggugah pembacanya untuk berbuat, sadar bahwa Indonesia mampu menjadi pusat dari peradaban dunia. Sudah saatnya Indonesia berdiri sama tinggi
dengan bangsa lain. Saatnya Indonesia setara!
— Sandiaga. S. Uno; Pengusaha

Novel Jakarta! menggugah semangat para pemuda Indonesia untuk memiliki mental juara dan membawa Indonesia menjadi juara di negara sendiri, bahkan di dunia!
— Erick Thohir; Komisaris Utama Mahaka Group

Novel ini sederhana tapi menarik. Cerita sederhana perjalanan hidup yang menantang. Penulis mengajak pembaca “berpetualang” dari satu negara ke negara lain. Novel Jakarta! menyadarkan bahwa Indonesia punya potensi jadi negara besar.
— Anies Baswedan; Rektor Universitas Paramadina

Melalui novel Jakarta! Christophe menyentil para pemuda Indonesia dari silaunya mercu suar Eropa. Ia mengajak kita untuk kembali sadar dari masa melamun yang panjang bahwa Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar, kita adalah raksasa yang sedang tertidur. Novel ini sangat inspiratif dan menggugah jiwa-jiwa pemuda Indonesia agar memposisikan diri dan bangsanya sama rata dengan Eropa dengan berbekal dream, spirit and confidence seperti yang dimiliki oleh Edwin tokoh utama novel ini.
— Irman Gusman; Ketua DPD RI

Konflik yang digambarkan dalam episode-episode cerita ini sangat realistis. Pandangan penulis terhadap Indonesia untuk bisa terus maju dan sejajar dengan negara-negara besar  sekarang ini dan bagi orang-orang Indonesia yang pesimis, bisa membuka mata dan memberikan semangat baru.
— Rio Dewanto; Aktor

Judul : Jakarta! Sebuah Novel
Penulis : Christophe Dorigne-Thomson
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Harga : Rp 68.000,-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s